PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA - jalan-jalan

PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA



PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA

PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE  PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA
 PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA

Baca juga : https://caramembelionline.blogspot.com/


5 contoh karya kerajinan tekstil - Oleh:
Martono







Dibiayai oleh Dana DIPA UNY Kegiatan 0015 AKUN 525112 Tahun Anggaran 2009
Sesuai dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Nomor Kontrak : 204a/H.34.22/PM/2009, Tanggal 1 Juni 2009

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2009
PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA

Oleh: Martono
( Jurdik Seni Rupa FBS UNY/HP 08156886807/e-mail: martonouny@yahoo.com)

Abstrak


Pelatihan ini diawali dari permasalahan kompetensi guru dalam mengembangkan desain kerajinan dan strategi pembelajaran kepada peserta didik masih lemah. Dari permasalahan itu para guru minta pelatihan pembelajaran keterampilan untuk mengembangkan wawasan desain, pembelajaran, dan karya seni sebagai karya ilmiah. Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan keterampilan pembuatan desain kerajinan dengan memanfaatkan berbagai bahan dan teknik pembentukan dan cara pembelajarannya kepada peserta didik.  Mengetahui hasil karya kerajinan yang dibuat guru-guru keterampilan kerajinan SMP se-Kota Yogyakarta. Memberikan wawasan kepada para guru keterampilan dalam mendeskripsikan karya seni sebagai karya ilmiah. Metode pelatihan yang digunakan adalah presentasi untuk menyampaikan wawasan pengembangan desain kerajinan, strategi pembelajaran keterampilan, dan deskripsi karya seni sebagai karya ilmiah. Metode demontrasi untuk menjelaskan cara pembuatan produk kerajinan dari bahan gip dengan cetak. Metode presentasi oleh peserta untuk mempertanggungjawabkan hasil karya kerajinan, strategi pembelajaran kerajinan yang diterapkan di sekolah, dan presentasi deskripsi karya kerajinan sebagai karya ilmiah. Para guru peserta dapat mengikuti program pelatihan dengan baik dan dapat memahami materi yang disampaikan oleh tim. Guru dapat membuat karya kerajinan dengan baik dan dapat menerapkan dalam pembelajaran menggunakan metode sesuai pilihan guru di sekolah dengan baik. Kebanyakan mereka lemah dalam pengembangan desain kerajinan yang dikemas untuk kebutuhan materi pembelajaran untuk peserta didik sesuai dengan perkembangan anak. Karya kerajinan yang dibuat guru dapat sebagai media pembelajaran berkarya dan sekaligus sebagai karya seni dan karya ilmiah. Guru menerapkan metode pembelajaran dengan metode mengamati, meniru, dan mengembangkan untuk berkarya kerajinan. Pemberian contoh dengan model sebagai media bukan semata untuk ditiru tetapi untuk memotivasi anak dalam berkarya. Guru membuat deskripsi karya seni kerajinan sebagai karya ilmiah hasilnya cukup baik. Deskripsi karya kerajinan untuk mengembangkan kompetensi dan peningkatan kerier pangkat dan jabatan guru di masa yang akan datang.


Kata kunci: Pembelajaran keterampilan Kerajinan









Pendahuluan
Banyak kritik dari para ahli pendidikan yang mengatakan bahwa pendidikan kita lepas dari kebudayaan kita, untuk itu suatu kesempatan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan memberikan kesempatan mengintegrasikan kembali pembelajaran keterampilan mengenalkan kepada peserta didik kekayaan seni budaya tradisi kita melalui pembelajaran keterampilan kerajinan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki andil besar dalam mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa. Pendidikan akan berkembang secara konsisten dan akan mampu bersaing di era informasi apabila mampu meletakkan aspek kualitas secara sadar dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Kualitas pembelajaran ini perlu dikaji secara terus menerus, karena pada dasarnya terus berkembang secara interaktif sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi. Indikator kualitas pembelajaran dapat dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak pembelajaran siswa, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan sistem pembelajaran.
Penyelenggaraan pembelajaran seni budaya keterampilan di sekolah, khususnya SMP dan SMA masih banyak mengalami hambatan. Hambatan tersebut antara lain berasal dari : (a) materi kurang menarik minat terutama bagi siswa, (b) sarana dan prasarana pembelajaran belum memadai, (c) waktu yang tersedia untuk mata pelajaran sangat terbatas, dan (d) kemampuan guru dalam hal pengembangan materi pelajaran dan perancangan strategi pembelajaran masih rendah. Upaya mengatasi berbagai hambatan tersebut salah satunya dengan meningkatkan kemampuan pembelajaran para guru keterampilan dengan membangkitkan dan membangun sikap positif terhadap belajar, yang bermuara pada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar.
Suatu kenyataan secara secara prinsip yang menjadikan lemahnya mata pelajaran keterampilan yang tertulis dalam struktur kurikulum kita berbunyi TIK/Keterampilan dimaknai oleh banyak sekolah boleh memilih salah satu mata pelajaran tersebut dalam kurikulum inti yang dilakukan di sekolah. Dari kenyataan kebijakan TIK/Keterampilan itu memiliki konsekuensi semua sekolah di seluruh Indonesia mengambil mata pelajaran TIK walaupun tidak punya komputer dan listrik di sekolah. Sebagai alasan mengapa sekolah mengambil TIK bukan mata pelajaran Keteranpilan, mereka menjawab supaya tidak selalu ketinggalan dan gagap teknologi, walaupun pembelajaran TIK dilakukan hanya teori abstrak. Maksud dari Pusat Kurikulum dengan menuliskan TIK/Keterampilan bermaksud untuk memilih salah satu sesuai daya dukung di sekolah. Sekolah yang belum ada listrik dan belum memiliki komputer mestinya mengambail mata pelajaran keterampilan dengan harapan dapat memberikan wawasan dan keterampilan anak sesuai potensi daerah setempat. Hal ini diperkuat lagi dengan kurang siapnya secara kompetensi dan profesionalisme guru keterampilan kita di sekolah. Para guru membutuhkan penyegaran materi keterampilan dengan trend baru dan sesuai kebutuhan perkembangan anak dan kebutuhan masyarakat.
Selain fakta tersebut yang menyebabkan lemahnya pembelajaran keterampilan di sekolah, mata pelajaran keterampilan tetap dapat dilakukan dengan baik karena didukung oleh kebijakan sertifikasi guru harus mengajar 24 jam/minggu dan memberi kecakapan hidup pada lulusan. Mata pelajaran keterampilan memberikan kecakapan hidup dan dapat eksis kembali melalui kebijakan pembelajaran keterampilan melalui program muatan lokal dan pengembangan diri (ekstrakurikuler). Para guru keterampilan mengajar pada mata pelajaran mulok dan ekstrakurikuler untuk memenuhi tuntutan jam mengajar tersebut. Meskipun demikian keberadaan mata pelajaran keterampilan secara faktual guru keterampilan belum dapat mengemas materi pembelajaran dalam bentuk desain yang dapat diterima dengan baik oleh siswa dan masyarakat lingkungannya. Kompetensi guru dalam mengajar keterampilan dari tahun ke tahun hampir tidak ada peningkatan kualitas yang memadahi. Untuk itu perlu pelatihan pengembangan desain dan pembelajarannya kepada guru keterampilan agar dapat membelajarkan kepada siswa yang lebih efektif dan inovatif.
Pembelajaran berbasis kompetensi diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan yang pada akhirnya peserta didik dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat pada lingkungan di mana ia tinggal. Pelatihan pembelajaran keterampilan  ini diharapkan mampu menantang para guru dan memberikan wawasan pengemangan desain dan strategi pembelajarannya untuk menghasilkan sesuatu karya yang kreatif dan inovatif sebagai wujud pemahamannya terhadap topik yang sedang dikaji. Untuk meningkatkan profesionalisme guru perlu peningkatan kompetensi guru. Peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan misalnya pelatihan, seperti yang ingin dilakukan oleh pelaksana kegiatan ini yaitu mengenalkan pengembangan desain dalam berkarya seni keterampilan kerajinan untuk guru-guru SMP se-Kota Yogyakarta. Hasil obeservasi ditemukan bahwa guru-guru mata pelajaran keterampilan kerajinan di SMP Yogyakarta sangat membutuhkan peningkatan kompetensi dibidang ilmunya, yaitu pengembangan desain kerajinan. Karya-karya yang dibuat oleh siswa relatif desain yang sangat monoton, salah satu penyebab hal ini karena keterbatasan guru dalam mengemas pembelajaran dalam berbagai macam bentuk desain kerajinan sehingga karya yang dibuat oleh siswa kurang maksimal. Salah satu Kepala Sekolah menyampaikan kepada pihak pelaksana bahwa mereka sangat membutuhkan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi guru dibidang pengembangan desain kerajinan dan model pembelajarannya dengan harapan setelah adanya kegiatan pelatihan, proses pembelajaran keterampilan kerajinan akan lebih baik dan dapat menghasilkan karya-karya yang lebih baik pula.
Berawal dari permasalahan tersebut, kami sebagai tim pelaksana ingin memberikan pelatihan pengembangan desain dan pembelajaran keterampilan kerajinan kepada guru-guru keterampilan kerajinan SMP se-Kota Yogyakarta. Mereka sangat membutuhkan suatu pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi profesional para guru keterampilan kerajinan dibidang pengembangan desain kerajinan dan pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu adanya pelatihan pengembangan desain kerajinan kepada guru-guru keterampilan kerajinan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang keterampilan kerajinan. Adapun masalah-masalah dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.    Bagaimana guru mengembangkan desain kerajinan dan membelajarkan kepada peserta didik?
2.    Bagaimana membuat deskripsi karya seni kerajinan sebagai karya ilmiah?

Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah:
1.    Mengembangkan wawasan dan keterampilan pembuatan desain kerajinan dengan memanfaatkan berbagai bahan dan alat pembentukan dan cara pembelajarannya kepada peserta didik.  Mengetahui hasil karya desain kerajinan yang dibuat guru-guru keterampilan kerajinan?
2.    Memberikan wawasan kepada para guru keterampilan dalam mendeskripsikan karya seni sebagai karya ilmiah.
   
Manfaat kegiatan pelatihan pengembangan desain kerajinan pada guru-guru keterampilan kerajinan adalah sebagai berikut: Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan bermanfaat dalam mengembangkan desain kerajinan dan strategi pembelajaran keterampilan kerajinan. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kreatif bagi guru-guru untuk membuat desain baru dan deskripsi karya seni sebagai karya ilmiah yang dapat mengembangkan karier guru dalam pembelajaran keterampilan kerajinan.

Metode Pelaksanaan PPM

Dalam kegiatan ini sebagai subjek sasaran pelatihan yaitu pada guru-guru keterampilan kerajinan di SMP se-Kota Yogyakarta sebanyak 30 orang. Penentuan peserta diutamakan para guru yang belum dapat sertifikasi. Pemilihan khalayak sasaran ini dipandang tepat, mengingat situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah kompetensi guru-guru tentang pembuatan desain kerajinan yang lebih unik dan mempunyai nilai fungsi yang tinggi, yang akhirnya dapat mereka terapkan di sekolah.  Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pengembangan desain kerajinan guru-guru SMP se-Kota Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah presentasi, demonstrasi, dan praktik secara individu maupun kelompok.
1.    Metode presentasi
Metode ini digunakan untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana konsep pembuatan desain kerajinan yang baik dan sesuai perkembangan anak dan kebutuhan masyarakat. Misalnya metode 3 N (Niteni, Niru, Nambahi). Pemberian wawasan berbagai strategi pembelajaran keterampilan kerajinan kepada para guru. Pemberian wawasan dalam mendeskripsikan karya seni sebagai karya ilmiah untuk pengembangan karier guru keterampilan di masa yang akan datang.
2.    Metode Demonstrasi
Metode ini digunakan untuk mempertunjukkan cara pembuatan desain kerajinan. Demontrasi yang dipraktikan adalah bagaimana cara membuat karya kerajinan teknik cetak dari bahan gip. Diharapkan dengan adanya metode ini para peserta pelatihan dapat mempraktikkan langsung pembuatan desain untuk dibelajarkan kepada peserta didik.
3.    Metode Praktik
Metode ini dilakukan untuk melatih guru-guru keterampilan kerajinan di SMP se-Kota Yogyakarta untuk membuat desain kerajinan. Metode ini dilakukan agar guru-guru tersebut mempunyai pengalaman langsung tentang pembuatan desain kerajinan dan cara pembelajarannya di sekolah. Para guru juga harus praktik mendeskripsikan hasil karya kerajinannya sebagai karya ilmiah.
4.    Metode Presentasi
Metode ini dipraktikan untuk memberikan kesempatan peserta pelatihan mempertanggungjawabkan di depan forum pelatihan untuk menyampaikan hasil karya seni kerajinan yang dibuat dan dan cara pembelajarannya. Peserta juga mempresentasikan hasil deskripsi karya seni sebagai karya ilmiah di depan forum pelatihan sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah hasil pelatihan.
  Faktor pendukung dan penghambat kegiatan PPM
a.    Faktor Pendukung
Ada beberapa faktor pendukung dalam pelatihan ini adalah:
1.    Para peserta pelatihan banyak yang belum kenal cara pengembangan desain kerajinan teknik cetak dan berbagai model pembelajaran keterampilan yang benar untuk dapat mengembangkan kreasi siswa. Salah satu metode yang dikenalkan adalah 3 N (Niteni, Nirokake, Nambahi)
2.    Motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya mengikuti pelatihan ini sangat kuat dan termotivasi juga dengan adanya sertifikasi guru.
b.    Faktor Penghambat
Beberapa faktor penghambat pelaksanaan pelatihan pembelajaran seni lukis anak antara lain:
1.    Bagi pelaksana Tim pelaksana pelatihan dari LPM padatnya tugas tim sedikit menjadi kendala walau dapat teratasi dengan baik,  karena kerja sama dengan mahasiswa sehingga dapat membantu pelaksanaan dan memonitor di lapangan dengan baik.
2.    Padatnya kegiatan mengajar guru tidak setiap saat dapat melaksanakan pelatihan, solusi yang ditempuh pertemuan dilakukan pada hari yang selalu berbeda dan tugas diberikan untuk dikerjakan di rumah.


Hasil Pelaksanaan PPM dan Pembahasan
Tim pengabdi dari Jurdik Seni rupa FBS UNY enyampaikan materi pengembangan pembelajaran keterampilan  dengan metode presentasi dan tanya jawab kepada peserta. Para peserta dapat memahami materi dengan baik, dan ketika diberi kesempatan untuk menyampaikan kendala pembelajaran kerajinan di sekolah banyak yang menyampaikan keluhan seperti anak kurang senang dengan kerajinan, sarana belum memadahi. Pada kesempatan itu beberapa pertanyaan dan di jawab serta diberikan solusi antara lain guru dalam memberikan tugas membuat kerajinan diawali dengan cerita terlebih dahulu yang terkait dengan pengalaman anak, baru anak diberikan tugas membuat kerajinan.
Peserta pelatihan setelah mengikuti pertemuan sesion I diberikan tugas rumah pertama membuat desain kerajinan dari bahan dengan teknik cetak atau jenis kerajinan lain sesuai minat peserta pelatihan. Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam proses desain seperti diungkapkan Agus Sachari (1986:74) adalah faktor kegunaan, fungsi, produksi, pemasaran, keuntungan, dan nilai rupa atau estetis dari benda pakai itu. Desain modern di Indonesia seperti yang diungkapkan Kuntjoroningrat dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok besar. Pertama, karya desain yang diciptakan sebagai tuntutan masyarakat yang berpikiran modern, baik secara mentalitas maupun tindakannya; Kedua karya desain yang mengadaptasi dan menggunakan berbagai kebudayaan Barat yang telah modern tanpa harus “menjadi Barat” atau berciri Barat; Ketiga, karya desain yang semata mata meniru gaya orang barat tanpa diimbangi oleh proses berpikir dan mentalitas modern. Kedua peserta pelatihan praktik mengajarkan hasil karya kerajinan di sekolah masing-masing, menerapkan strategi pembelajaran hasil dari pelatihan. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional juga disebutkan bahwa “Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.” 
Pelaksanaan pembelajaran keterampilan kerajinan di kelas masing-masing dan dimonitoring oleh tim PPM terdiri dosen tim dan mahasiswa pendamping PPM. Monitoring lapangan dilakukan untuk melihat langsung penerapan pembuatan desain kerajinan dan strategi pembelajaran keterampilan di kelas. Pada monitoring ini sekaligus menemukan kelebihan dan kelemahan implementasinya. Jika ditemukan kendala secepat mungkin dapat ditangani dan diberikan solusi jalan keluarnya. Jika ditemukan unggulan-unggulan yang dilakukan guru maupun siswa dapat diberikan penguatan dan pengayaan untuk terus dikembangkan.
Pelaksanaan pembelajaran keterampilan kerajinan di kelas dengan menerapkan strategi pemberian contoh yang diberikan pelatih dalam forum latihan dalam implementasinya menggunakan media model yang bervariasi baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Strategi mengandung makna berbagai alternatif kegiatan dan pendekatan yang dapat dipilih untuk mencapai tujuan pembelajaran (Gafur 2007:5). Lebih lanjut dikemukakan bahwa strategi meliputi lima kegiatan yaitu: (1) kegiatan pendahuluan, (2) penyampaian informasi, (3) Partisipasi siswa, (4) tes, dan (5) kegiatan lanjutan. Kegiatan pendahuluan memberikan gambaran kepasa siswa tentang tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran ini dan hubungan antara pelajaran yang telah dimiliki dengan materi yang akan dipelajari. Penyampaian informasi adalah proses materi disampaiakan dan dikuasai siswa dengan memperhatikan urutan kompetensi, cakupan materi, dan jenis materi kompetensi yang akan dipelajari. Proses belajar akan berhasil dengan baik bila siswa berpartisipasi aktif dengan melakukan praktik atau latihan yang secara langsung berkaitan dengan kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran. Ada pula yang menggunakan mixed media dalam membuat kerajinan. Dari variasi penerapan pembelajaran di sekolah tersebut menunjukan kreativitas dan inisiatif guru dalam mengembangkan ekspresi anak dalam berkarya. Perbedaan inilah yang menjadi kelebihan dalam khasanah penerapan metode pembelajaran keterampilan kerajinan. Perbedaan ini merupakan kelebihan yang dapat diadopsi oleh guru lain untuk memperkaya pengalaman mengajarnya nanti di kelas. Metode pemeberian contoh model dan metode 3 N (Niteni, Nirokake, lan Nambahi) yang dikembangkan oleh tim pelatih adalah metode untuk memotivasi anak dalam belajar kerajinan, bukan metode membuatkan contoh untuk ditiru anak persis. Jika itu yang terjadi berarti pembelajaran kerajinan bisa menjadi salah.
Tim Pelatih presentasi memberikan materi deskripsi karya seni kerajinan sebagai karya ilmiah atas permintaan para peserta pelatihan. Materi ini sangat penting bagi peserta pelatihan untuk mengembangkan kompetensi guru, karier kepangkatan dan jabatan di masa yang akan datang. Setelah Tim presentasi deskripsi karya kerajinan sebagai karya ilmiah dilanjutkan dengan   presentasi hasil karya seni kerajinan oleh peserta pelatihan di depan forum. Presentasi secara bergantian semua peserta pelatihan untuk menceritakan hasil karya kerajinan yang dibuat dan bagaimana proses pembelajaran karya tersebut kepada peserta didik di sekolah. Peserta pelatihan selain menyampaikan cara membuat karya juga melakukan kritik terhadap kelebihan dan kelemahan karya yang dibuat untuk membangun wawasan apresiasi pencipta dan peserta pelatihan.
Hasil karya pelatihan ini cukup bagus sebagai karya kerajinan untuk media pembelajaran guna memotivasi anak agar dapat berkarya dengan baik. Semua hasil karya didukumen oleh tim dan semua presentasi hasil karya seni di forom pelatihan sebagai bentuk pertanggungjawaban berkarya seni kerajinan dan membelajarkan kepada siswa di sekolah. Presentasi ini untuk membangun apresiasi melalui mengenalkan pengalaman berkarya kerajinan dan membelajarkannya di sekolah. Berikut gambar peserta presentasi hasil karya kerajinan. Selain presentasi karya seni kerajinan juga presentasi karya ilmiah hasil dari deskripsi karya seni yang dibuat. Hasil presentasi ini dapat memberikan masukan kepada peserta lain dalam forum itu. Model presentasi ini dalam waktu yang relatif singkat dapat menyampaikan banyak informasi dari pengalaman lapangan yang dapat diadopsi oleh peserta pelatihan yang lainnya. Setelah presentasi karya kerajinan dilanjutkan presntasi hasil deskripsi karya seni kerajinan sebagai karya ilmiah.

Presentasi hasil hasil deskripsi karya kerajinan sebagai karya ilmiah di forum pertemuan ini sangat baik manfaatnya bagi sesama guru saling menyampaikan hasil pengalaman mendeskripsikan karya di sekolah, juga saling menerima pengetahuan yang disampaikan teman diskusi sebagai masukan untuk menambah wawasan untuk peningkatan kualitas akademik. Pada kesempatan itu nampak ada variasi yang dilakukan oleh guru walaupun sumber  model pembelajarannya satu yang disampaikan oleh tim. Itu menunjukan bahwa kreativitas guru untuk mengembangkan desain kerajinan, model pembelajaran yang diterapkan, dan deskripsi karya yang dibuat peserta.
Evaluasi kegiatan dilakukan selama proses kegiatan berlangsung, yaitu pertama pada saat aktivitas peserta mengikuti kegiatan pelatihan, kedua melaksanakan proses pembuatan desain kerajinan dan hasil karyanya, dan ketiga saat presentasi hasil karya kerajinan dan deskripsi karya kerajinan sebagai karya ilmiah. Teknik evaluasi dilakukan dengan cara observasi, yaitu melihat bagaimana kualitas karya yang dihasilkan. Kriteria penilaian karya kerajinan dengan indikator (kreativitas desain, kerapian, keindahan, bentuk, dan finishingnya). Hasil evaluasi karya kerajinan baik dan dapat dibelajarkan di sekolah. Hasil evaluasi karya ilmiah hasil deskripsi karya kerajinan masih kategori cukup baik, karena dalam hal ini guru baru pertama kali membuat karya ilmiah. Tim melakukan wawancara yaitu memberi berbagai pertanyaan yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan baik secara individu maupun secara kelompok. Selain itu, memberi angket untuk mengetahui bagaimana tanggapan guru-guru tentang pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan desain kerajinan yang telah dilaksanakan. Berikut adalah tabel instrumen evaluasi respon peserta terhadap kegiatan pelatihan pengembangan desain kerajinan pada guru-guru keterampian kerajinan SMP se-Kota Yogyakarta:

Pembahasan Hasil Kegiatan PPM
Pembahasan dalam laporan pelatihan pembelajaran kerajinan ini akan difokuskan pada pembuatan persiapan pembuatan desain kerajinan, strategi pembelajaran dan penerapan strategi pembelajaran di kelas, pembuatan deskripsi hasil karya kerajinan sebagai karya ilmiah.
1.    Pembuatan desain kerajinan
Tim pengabdi memberikan materi persiapan pembuatan desain kerajinan dalam bentuk model yang disiapkan oleh tim pengabdi untuk memberikan wawasan dan motivasi penciptaan karya. Karya model tersebut bukan untuk ditiru tetapi untuk dikembangkan dan dikemas yang lebih simpel dan sesuai kebutuhan anak didik. Tim pengabdi memberikan metode pengembangan desain kerajinan dengan 3 N (Niteni, Nirokake, lan Nambahi) bukan berarti guru harus niru desain model yang dikembangkan oleh tim pengabdi, tetapi sebagai penggunaan metode mengajar kerajinan yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran di kelas. Guru harus dapat mengemas, memodifikasi desain kerajinan sebagai media pembelajaran yang dapat memeotifikasi siswa. Tim Pengabdi menyiapkan media pembelajaran dalam bentuk bahan, alat, dan contoh yang digunakan dalam membelajarkan kerajinan kepada anak. Dari hasil presentasi   dan hasil karya yang dikumpulkan pada tim menunjukan secara keseluruhan guru  menguasai dengan baik untuk membuat desain kerajinan. Dari pihak guru sendiri belum pernah mendapatkan pelatihan tentang penciptaan karya seni dari Dinas maupun dari pihak lain. Mereka membuat media menggunakan bentuk lama yang berlaku sampai saat ini. Kesulitan lain yang dialami oleh guru adalah memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar yang selanjutnya dikembangkan untuk membuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan menentukan media pembelajaran yang akan digunakan. Guru dalam penciptaan kerajinan harus memperhitungkan kreativitas, kualitas, dan etika. Kreativitas maksudnya mampu menciptakan produk desain baru bukan hasil plagiasi maupun reproduksi karya orang lain. Kualitas yang dimaksud di sini adalah kualitas desain yang memperhitungkan dari mulai aspek kualitas pemilihan bahan, kualitas pengerjaan,kualitas finishing sampai pada bobot kualitas produk tersebut. Etika yang dimaksud adalah etika bagi penciptanya bahwa desain ciptaannya adalah benar dan orisinil idenya sendiri bukan ide milik orang lain yang serta merta ditiru, dan dimilikinya.

2.    Pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran berkarya kerajinan untuk anak di sekolah.
Pembelajaran keterampilan pada prinsipnya adalah pembelajaran untuk mengembangkan apresiasi dan kreasi peserta didik. Proses penanaman nilai estetik, terampil, dan kreatif, tekun akan lebih bermakna jika anak mengalami proses langsung berinteraksi dengan berbagai kegiatan berkesenian. Pembelajaran keterampilan memberikan apresiasi kepada anak sebagai bekal untuk pembentukan pengalaman estetik, pengembangan kreativitas, dan keterampilan anak dalam mengaktualisasikan gagasannya. Pembelajaran keterampilan pada esensinya adalah bermain, pembelajaran melalui bermain yang baik adalah bermain yang menyenangkan bagi anak, sehingga dapat mengembangkan imajinasi, kreasi sehingga anak dapat berkembang dengan baik dan wajar. Penciptaan situasi dan kondisi lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan menjadi syarat untuk dapat belajar dengan baik. Selanjutnya bagaimana mengemas materi keterampilan yang menarik dan menyenangkan dan dapat membentuk perilaku anak didik dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
Pada konteks pembelajaran seni rupa secara umum di sekolah, tugas seni budaya dan keterampilan kurang diminati peserta didik. Hal ini karena kemasan materi kurang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak didik. Guru memberikan kemasan materi tugas berdasarkan apa yang dipikirkan, disenangi, dan dikuasai guru belum menyentuh apa dan bagaimana yang diinginkan anak didik dalam mengembangkan kreasinya. Jika tugas pelajaran kesenian dan keterampilan dikemas sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak akan dapat menarik dan menyenangkan. Pembelajaran seni budaya keterampilan anak usia dini pada dasarnya adalah untuk memberi motivasi dan fasilitas anak didik untuk mengungkapkan kreasinya. Hal inilah yang terjadi sehingga menyebabkan anak tidak dapat terampil dengan bahasa visual melalui seni dan keterampilan. Sikap terampil perlu ditumbuhkembangkan untuk mengungkapkan imajinasi anak. Anak memiliki sejuta ide atau gagasan tetapi tidak memiliki  kemampuan motorik halus dengan baik, maka ide tersebut tidak akan terwujud. Tugas pendidik adalah membinbing dan memfasilitasi anak agar terampil dalam mewujudkan kreasinya. Belajar keterampilan pada prinsipnya berlatih, mengulang, dan aktif melakukan secara langsung kegiatan keterampilan melalui kegiatan bermain.
Belajar keterampilan pada dasarnya adalah belajar kolaborasi dengan pembelajaran lain. Jika anak belajar menganyam tidak hanya belajar terampil menganyam  saja tetapi anak akan berpikir, bermain logika matematika, misalnya langkah satu-satu, langkah satu dua dan seterusnya. Jika menganyam menggunakan bahan yang berwarna anak akan belajar komposisi warna, belajar komposisi bentuk, harmoni dalam rangka untuk pembentukan kepekaan estetik anak. Jika anak disuruh menyebutkan atau menceritakan hasil karyanya mereka akan belajar bahasa dan seterusnya. Belajar keterampilan adalah belajar melalui bermain untuk aktualisasi diri anak, sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya. Banyak para pakar pendidikan anak mengatakan dalam belajar proses lebih penting dari pada hasil. Hal ini dikarenakan keterlibatan langsung anak terhadap aktivitas bermain, berkreasi, dan berketerampilan langsung dirasakan dan dihayati anak. Jadi pembelajaran keterampilan tetap memikirkan proses dan hasil yang baik sebagai realisasi membangun rasa tanggung jawab dan disiplin dalam mengaktualisasikan imajinasinya. Anak dikatakan terampil dan kreatif jika dalam proses berkarya berjalan dengan lancar, benar, senang, cepat selesai, dan berhasil.
Para guru peserta pelatihan diharuskan melaksanakan praktik pembelajaran di sekolah masing masing sesuai dengan hasil pelatihan yang disampaikan. Penerapan hasil pelatihan di sekolah meliputi persiapan pembuatan karya kerajinan dan penerapan strategi pembelajaran kerajinan sesuai desain yang dibuat. Karya kerajinan yang dibuat peserta pelatihan berfungsi sebagai media pembelajaran yang digunakan memotivasi anak dalam berkarya. Pelaksanaan pembelajaran kerajinan menggunakan metode pemberian contoh bentuk model untuk memotivasi anak, kemudian anak disuruh mengembangkan sesuai keinginan masing-masing. Dalam penerapan metode ini banyak variasi yang dilakukan oleh paga guru dan hasilnya sangat baik untuk memberikan pengalaman dan pengayaan kepada guru yang lain.  Perbedaan cara penerapan adalah dinamika yang dapat memberikan pengalaman dan masukan positif untuk dikembangkan di sekolah. Penerapan metode 3 N masih layak dikembangkan untuk pembelajaran keterampilan. Penerapan evaluasi meliputi evaluasi proses dan hasil belajar. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah dimonitoring oleh tim baik dosen pengabdi maupun mahasiswa pendamping. Monitoring ini menemukan beberapa kelemahan yang muncul di lapangan seperti belum siapnya anak untuk mengembangkan desain, maka perlu motivasi yang lebih baik. Hal itu dikarenakan guru hanya terbayang ketakutan saja bukan berarti tidak mampu, ternyata setelah diberi motivasi dengan baik dari tim pengabdi ternyata hasilnya cukup baik dan menyenangkan. Dengan adanya observasi lapangan ini banyak membantu guru yang mengalami kesulitan dalam penerapan mengajar di kelas. Selain itu pula dapat memberikan solusi secara langsung dan tepat sasaran, baik kepada para guru maupun langsung kepada anak waktu proses berkarya.

3.    Presentasi hasil penerapan strategi pembelajaran di sekolah
Guru cukup antusias ketika diberikan kesempatan untuk mempresentasikan pengalaman membuat karya kerajinan dan mengajarkannya di sekolah, pada forum diskusi. Dalam kegiatan ini hampir semua guru ingin membuktikan dan menyampaikan pengalamannya bahwa guru bisa menerapkan metode 3 N dengan pemberian contoh dalam berkarya kepada siswa. Pada kesempatan itu bila ada ide yang berbeda dengan yang  presentasi terlebih dulu segera memberikan masukan atau pertanyaan sehingga menimbulkan diskusi untuk pemecahan bersama untuk menuju pemahaman bersama, sehingga ada kesepahaman mana yang boleh atau tidak boleh diterapkan dalam pembelajaran kerajinan untuk anak. Secara umum apa yang ditampilkan guru semua benar, upaya apa saja boleh dilakukan oleh guru selama cara itu dapat mengembangkan kreativitas, menanamkan etika baik, memperlacar dalam berkarya, dan nilai-nalai kebaikan yang lain. Banyak guru dalam kesempatan presentasi ini menceritakan proses berkarya kerajinan dan pembelajaran di sekolah dilakukan lebih dari dua kali mengajar. Ada yang menerapkan pertemuan pertama banyak berlatih keterampilan teknis berkarya dengan membentuk secara global. Kemudian pembelajaran berikutnya dikembangkan dengan tema yang lebih luas terkait dengan bahan dan alat yang telah ditentukan guru. Pengalaman itu cukup berharga bagi guru dan dipresentasikan dalam diskusi dapat sebagai masukan guru lain untuk dikembangkan dan dikemas dalam pembelajaran kerajinan di masing-masing sekolah.
4.    Hasil karya kerajinan guru SMP se-Kota Yogyakarta
Hasil karya kerajinan guru keterampilan SMP bervariasi sekali. Variasi itu dapat dikarenakan tema yang diambil berbeda, media berkarya berbeda, dan pendekatan mengajar bervariasi walaupun metodenya sama 3 N dengan pemberian contoh untuk memotivasi anak. Perbedaan hasil karya itu merupakan wujud dari begitu banyaknya imajinasi yang disampaikan sebagai bahasa visual dalam bentuk karya. Variasi bentuk karya kerajinan banyak dibedakan karena penggunaan media yang berbeda, ada yang membuat dari bahan tekstil, bahan gip, bahan tali, kayu, dan bahan bekas kemasan. Kalau ada pertanyaan mana yang terbaik dari penggunaan media tersebut? Jawabnya tergantung kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai. Konsep belajar kerajinan pada anak adalah anak dapat mengekspresikan idenya dengan lancar, baik, dan senang. Membuat senang anak melakukan sesuatu aktivitas adalah hal lebih penting dari pada tuntutan hasil karya saja. Sehingga ada pernyataan dalam mendidik anak proses lebih penting dari pada hasil. Secara umum hasil karya kerajinan guru dan anak hasil penerapan metode pemberian contoh yang diterapkan di sekolah hasilnya baik. Dengan harapan kedepan guru dapat memperkaya pengalaman berkarya kerajinan, berkarya ilmiah, dan mengembangkan strategi mengajar di sekolah sehingga anak akan dapat berkembang kreativitas dan keterampilannya dengan baik.

Kesimpulan
Dari uraian permasalahan, tujuan, dan metode pemecahan masalah di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan pengembangan pembelajaran keterampilan kepada guru SMP se-Kota Yogyakarta sebagai berikut:
1.    Para guru peserta dapat mengikuti program pelatihan dengan baik dan dapat memahami materi yang disampaikan oleh tim dari LPM UNY. Guru dalam membuat karya kerajinan dengan baik dan dapat menerapkan dalam pembelajaran di sekolah dengan baik. Kebanyakan mereka lemah dalam pengembangan desain kerajinan yang dikemas untuk kebutuhan peserta didik sesuai perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Karya kerajinan yang dibuat guru dapat sebagai media pembelajaran berkarya dan sekaligus sebagai karya seni dan karya ilmiah.
2.    Pada penerapan praktik berkarya kerajinan di sekolah, guru dapat menerapkan dalam strategi model pembelajaran dengan metode 3 N melalui pemberian contoh untuk memotivasi anak pada pembelajaran di kelas dengan baik,  sesuai dengan kondisi dan situasi di satuan pendidikan masing-masing. Semua peserta memahami dan melaksanakan pembelajaran sesuai hasil pelatihan dengan gaya dan kemampuan masing-masing dan bervariasi. Ada guru yang sebelum mulai berkarya anak diajak dialog diawali dengan cerita tertentu yang dalam cerita dapat sebagai tema berkarya saat itu. Ada pula guru yang mengawali dengan  memberikan contoh pola gambar selanjutnya dikembangkan oleh siswa. Ada pula model lain yang semuanya diterapkan dan anak dapat menggambar desain dengan baik. Kalau ada hambatan sedikit itu dikarenakan guru merasa katakutan atau kurang percaya diri. Tetapi setelah dicoba ternyata dapat dan menyenangkan.
3.    Guru dapat mengembangkan hasil karya kerajinan yang dapat digunakan untuk karya seni dan media mengajar. Peserta pelatihan juga membuat deskripsi karya seni kerajinan sebagai karya ilmiah untuk pengembangan kompetensi dan karier guru di masa yang akan datang.
4.    Peserta pelatihan mempresentasikan pengalaman berkarya kerajinan dan deskripsi karya kerajinan. Dari hasil presentasi dapat dilihat bagaimana kemampuan guru berkarya seni dan membelajarkan kerajinan dengan baik. Presentasi ini untuk mengukur kinerja guru dan peserta dan sekaligus sebagai pemateri yang dapat memberikan masukan kepada teman sejawatnya.

Saran
Ada beberapa saran yang perlu disampaikan agar masukan ini dapat memperbaiki kinerja pembelajaran keterampilan di masa yang akan datang sebagai berikut:
1.    Bagi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, khususnya Kasi SMP, MGMP Keterampilan dapat menindaklanjuti pelatihan ini diberikan kepada guru lain yang belum dapat kesempatan ikut pelatihan di LPM UNY, sehingga memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam berkarya yang lebih baik.
2.    Bagi peserta pelatihan diharapkan terus mengembangkan desain kerajinan dan dapat menerapkan dan mengembangkan dengan baik strategi pembelajaran tersebut sesuai kreasinya agar anak tetap senang dengan pembelajaran keterampilan kerajinan.
3.    Berikan tema berkarya yang relatif longgar kepada siswa sehingga anak dapat berkreasi secara bebas dan berikan media berkarya yang bervariasi agar anak mudah berkreasi dengan media tersebut.
4.    Pembuatan deskripsi karya kerajinan sebagai karya ilmiah masih perlu terus dikembangkan sehingga hasil tulisannya dapat masuk jurnal ilmiah.








DAFTAR PUSTAKA


Alwi, Hasan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Depdiknas.
Bangun Sem C. (2000). Kritik seni rupa. Bandung: ITB.
Baker Leslie. (1979). The art teacher’s resource book. Virginia: Reston Publishing.
Gagne, Robert M. and Leslie, J. Briggs. (1979). Principles of Instructional Design. New York: Rinehart and Winston.

Joyce, Bruce, Marsha, Weil, and Beverly Showers. (1992). Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Mattil Edward.(1971).Meaning In Craft. New Jersey:Prentice Hal.
Muhammad. (2004). Pedoman Pembelajaran Tuntas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Mukminan. (1998). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sachari Agus. (2006). Seni rupa dan desain. Jakarta: Erlangga.

Sachari Agus. (1987).Seni desain teknologi konflik dan harmoni. Bandung: Nova.

___________(2001). Desain dan dunia kesenirupaan Indonesia dalam wacana transformasibudaya. Bandung: ITB

Usman Moh. Uzer. (1999). Menjadi Guru Profesional. Bandung.

Wong Wucius. (1988). Principles of two-dimensional form. New York: Van nostrand.

___________ (1989). Beberapa azas merancang trimatra. Bandung: ITB.








Biodata
Nama: Drs Martono, M.Pd lahir di Jepara 18 April 1959, Pendidikan S1 Pendidikan Seni Rupa IKIP Yogyakarta, S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan PPs UNY, S3 Pengkajian Seni Rupa PPs ISI Yogyakarta (belum lulus). Bidang keahlian mengajar pendidikan seni rupa dan kriya. Pengalaman mengajar di Jurdik seni rupa FBS UNY, PGTK, PGSD, dan Program Akta 4. Karya ilmiah dan penelitian yang pernah dilakukan, topeng dalam perkembangan budaya, estetika kerajinan, kerajinan antara terdisi versus modern, pembelajaran dasar kekriyaan, pembelajaran berbasis kompetensi, strategi pembelajaran seni lukis anak usia dini, pewarnaan serat alami dengan warna alami, penelitian hibah bersaing, dosen muda. Bidang pengabdian masyarakat Tim pengembang kurikulum SMP Dir. P.SMP Jakarta, Asesor BAN-PT, Tim pengembang instrumen penilaian buku SMK oleh BSNP Jakarta, Asesor sertifikasi guru, dan pengabdian insidental di bidang pendidikan dan kerajinan.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  5 contoh karya kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang SOAL UJIAN IPA SMK PILIHAN GANDA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :  eprints.uny.ac.id/3418/1/ARTIKEL_PEMB._KETER_SMP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Buruan di klik gambarnya

Iklan Bawah Artikel

Buruan di klik gambarnya